MALANG – Hanya butuh waktu 53 detik bagi juara Indonesia Super League (ISL) Arema Indonesia FC (AIFC), untuk menaklukkan juara Divisi Utama, Persibo Bojonegoro. Aktor yang mencetak gol tercepat itu adalah Roman Chmelo, lewat tendangan kerasnya dari luar kotak penalti dan tak bisa dijangkau kiper Persibo, Saifudin.
Meski demikian, penampilan Arema semalam sempat membuat sport jantung Aremania. Betapa tidak, meski sudah unggul 2-0 hingga babak pertama usai, tapi di babak kedua, giliran Persibo terus mengurung. Bahkan skornya sempat 3-2, sebelum Noh ‘Along’ Alamshah memperlebar jarak menjadi 4-2. Pendatang baru di kancah ISL itu, memang tampil all out. Mereka juga terlihat tidak tertekan meski bertanding dibawah tekanan puluhan ribu Aremania. Persibo juga sanggup memberikan perlawanan sengit kepada Arema.

Namun dari semua itu, kalau ada pemilihan man of the match, tampaknya nama M Ridhuan patut disodorkan untuk kali pertama. Pemain asal Singapura yang dipasang sebagai sayap kanan itu tampil impresif dengan berperan penting atas terciptanya tiga gol kemenangan timnya. Winger lincah ini menyumbang dua gol dan turut andil atas terciptanya gol keempat Arema yang dicetak Along.
Apalagi Arema sendiri tidak butuh waktu lama bagi skuad singo edan untuk mencetak gol pasca peluit kick-off babak pertama dibunyikan wasit Setyono.
Ketika pertandingan baru  berjalan 53 detik, Roman berhasil menyarangkan gol pertama ke gawang Persibo yang dikawal Saifudin. Setelah lolos dari kawalan beberapa pemain belakang lawan, gelandang serang asal Slovakia itu melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang menghujam gawang Persibo tanpa bisa dihentikan oleh penjaga gawang tim tamu.
Gencarnya serangan Arema sejak awal laga menghasilkan beberapa kesempatan matang untuk memperbesar keunggulan. Salah satu peluang emas didapat penyerang Dendi Santoso pada menit ke-10.
Melakukan tusukan dari sayap kiri, penyerang muda asli Malang ini  berhasil memasuki daerah penalti Persibo. Sayang, usaha striker bernomor punggung 41 ini masih menemui kebuntuan karena kesulitan melepaskan tembakan jarak dekat ke arah gawang tim Laskar Angling Dharma, julukan Persibo.
Arema menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-22. Adalah Ridhuan yang sukses mencetak gol kedua di laga kandang perdana timnya tadi malam.
Menerima umpan lambung dari belakang, pemain Timnas Singapura ini memenangkan duel perebutan bola dengan M.Irfan di area penalti Persibo. Dengan mudah Ridhuan melepaskan tembakan mendatar terukur yang diarahkan ke sudut kanan gawang yang dijaga Saifudin.
Tim tamu asuhan pelatih Sartono Anwar bukan tanpa peluang. Victor da Silva dkk juga berulang kali merepotkan pertahanan Arema yang dikomandani kapten Piere Njanka.
Sejumlah peluang matang diciptakan oleh para pemain Persibo, meski tak satu pun yang berbuah gol. Salah satu yang terbaik diantaranya adalah tembakan keras Jajang Paliaman di menit ke-30.
Beruntung sepakan keras pemain berambut gondrong itu masih bisa digagalkan Kurnia Meiga. Penjaga gawang utama Arema yang juga kiper Timnas Indonesia itu melakukan lompatan sempurna untuk menepis bola yang mengancam gawangnya.
Babak kedua dimulai dengan skor 2-0 masih untuk keunggulan tuan rumah Arema. Belum ada perombakan komposisi yang dilakukan pelatih Miroslav Janu  usai jeda turun minum. Agresifitas serangan anak-anak singo edan juga masih terlihat melalui skema permainan umpan pendek antar pemain yang tertata rapi.
Hasilnya, Arema mampu memperbesar selisih keunggulan menjadi 3-0 di menit 54. Lagi-lagi Ridhuan kembali menjebol gawang Persibo sekaligus membuat gol keduanya di pertandingan semalam.
Menerima umpan terobosan datar menyilang dari Roman, winger bernomor punggung enam ini melakukan sontekan langsung ke arah gawang ketika berhadapan dengan kiper Saifudin yang sudah mati langkah.
Dua menit berselang, tim tamu dapat mencuri gol untuk memperkecil ketertinggalan. Berdiri bebas di muka gawang Arema, Nurhidayat  yang menerima umpan dari Eugene Dadi mampu melepaskan tendangan kaki kiri yang mengecoh kiper Kurnia Meiga. Skor pun berubah menjadi 3-1.
Sukses mencetak satu gol membuat anak-anak tim asal Kota Ledre semakin bersemangat. Agresifitas serangan Persibo pun meningkat. Benar saja, Laskar Angling Dharma kembali bisa menambah gol. Pada menit ke-72 Samsul Arif memanfaatkan celah terbuka di area penalti Arema dengan baik.
Mantan pemain Persela Lamongan ini langsung melepaskan tendangan keras kaki kanan yang mengelabuhi Kurnia Meiga. Bola masuk ke sudut yang sama dengan gol pertama Persibo yang dicetak oleh Nur Hidayat.
Arema tak ingin tamunya menambah gol lagi untuk menyamakan kedudukan. Inisiatif penyerangan langsung diterapkan oleh para pemain tim berlambang kepala singa.
Berawal dari aksi cantik Ridhuan melewati penjaga gawang Saifudin, Winger Singapura ini langsung mengirim umpan manis yang disambut oleh rekan senegaranya, Noh Alamshah.
Penyerang yang akrab dipanggil Along ini pun tinggal mencocor pelan bola ke gawang Persibo yang sudah melompong ditinggalkan penjaganya.
Gol yang tercipta di menit-75 ini menjadi gol terakhir pada pertandingan tersebut sekaligus membuat skor berubah menjadi 4-2. Keadaan tersebut bertahan hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan wasit Setyono yang memimpin pertandingan.

 

Sumber : malang-post.com

Iklan