Saat Timnas Jerman melibas Argentina dengan skor telak 4-0, Kanselir Jerman tampak bersukaria dari tribun utama. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun ‘iri’ dengan koleganya tersebut.
‘’Bayangkan nasionalisme itu, sahabat saya PM Jerman Angela Merkel pun terbang ke Afrika Selatan untuk menjagokan Jerman,’’ kata SBY dalam rapat kabinet terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, kemarin.
Namun, SBY tak bermimpi muluk dulu. Setidaknya, ia ingin Indonesia
mampu berbuat banyak di Sea Games 2011 mendatang. ‘’Tuan rumahnya kita. Jangan sampai kita tidak tampil dalam sepakbola ini. Ini Menko Kesra tolong dengarkan aspirasi rakyat. Saya serius,’’ tutur presiden kelahiran Pacitan ini.
SBY kembali mengungkapkan kekecewaannya dengan prestasi sepak bola tanah air. Maret lalu, telah digelar Kongres Nasional Sepakbola di Malang. Ia meminta semua pihak segera melakukan langkah nyata.
‘’Kalau tidak ada langkah-langkah yang konkret, sampai lebaran kuda kita punya sepakbola ya begini terus. Oleh karena itu, mari kita berikhtiar,’’ katanya.
Tak tanggung-tanggung, SBY mengaku mencari sendiri pelatih asing
untuk Timnas. ‘’Kemarin, saya pergi di luar negeri  sedang berikhtiar
untuk itu. Untuk mencari coach, pelatih yang menurut saya track
record-nya berhasil mengangkat dari papan bawah ke papan atas, dengan demikian kita bisa meningkatkan,’’ ujar SBY, serius. Belum jelas pelatih dari negara mana yang dimaksud SBY.
SBY mengatakan, saat ini perhatian masyarakat tertuju pada Piala Dunia. Masyarakat juga sangat mencintai sepakbola. ‘’Meskipun secapek apa pun, kurang tidur kita mengikuti pertandingan itu, banyak yang meleset. Menjagokan Brasil ke laut, menjagokan Argentina, saya juga ke laut kemarin,’’ ujar SBY.
Meski demikian, kata SBY, Asia masih belum berbuat banyak. ‘’Poinnya begini. Asia tidak muncul. Ketika penyisihan pun Asia ada, tapi Asia Tenggara tidak muncul. Mengapa Indonesia tidak bertekad?’’ tandas SBY.
Di Cikeas, Gunung Putri, Kabupaten Bogor,  Jawa Barat, SBY kemarin meresmikan fasilitas olahraga Polri untuk masyarakat, termasuk lapangan Sepakbola. Di depan masyarakat se Kecamatan Gunung Putri, SBY mengulangi harapannya agar Indonesia berprestasi dalam sepakbola. SBY menyaksikan pertandingan sepakbola junior antara kelurahan Cikeas dan Kostrad Cilodong. (sof/avi)

sumber : malangpost.com

Iklan