A. BAKSO

1. Bakso Bakar Pak Man Jl. Diponegoro. Rasanya yah lumayan enaklah, selain baksonya semua  self service.  Lo bisa makan mie bihun sepuasnya disini…
2. Bakso Gun Jl Kawi. Penyajiannya lumayan unik, karena kuahnya di steam. Rasanya enak apalagi cakuenya, kuahnya anget sampe abish…
3. Bakso Presiden Belakang Mitra 2. Suasananya juga unik karena ada di samping rel kereta. Jadi bisa aja pas lagi enak-enak makan tiba-tiba ada kereta lewat disamping kita. Tapi Jangan khawatir, Rasanya enak juga kok…
4. Bakso Bakar deket ABM. Rasanya sih menurut gw biasa aja, tapi lumayan terkenal di Malang mungkin karena deket ABM kali… Bakso Cak Man. Ini banyak banget di Malang. Rasanya sih menurut gw biasa aja…
5. Bakso Damas Jl Sukarno Hatta. Lumayan terkenal seyy, tapi kok menurut gw rasanya standar aja yah…
6. Bakso Granat Velodrom, Coba bakso GRANAT yang lokasinya ada di daerah velodrom, rasane uenaak pool….

B. SOTO

1. Soto Rampal deket lapangan Rampal. Rasanya lumayan enak, ini soto kesukaan direksi gw…
2. Soto Lombok, dekat RS RKZ. Ini juga khas Malang. Cuma Anda harus siap jika Anda tidak suka makan makanan yang dicampur. Karena nasi dan soto akan disajikan dalam satu mangkuk. Pilihlah menu soto komplit dan minumnya es teh manis. Cocok buat makan pagi.
3. Soto Lamongan di Oro-oro dowo. Untuk soto lamongan, ini salah satu yang paling enak di Malang…
4. SOTO AYAM LAMONGAN CAK MAN Alamatnya Jl Soekarno Hatta seberang jalan dari Kampus STIMATA Pradnya Paramitha, Buka jam 7 pagi-3 sore(tergantung konsumen), PKL ini memiliki stand sendiri yang letaknya agak tersembunyi. tapi ga sulit kok buat dicari. Yang terkenal di warung ini adalah sotonya yang maknyus, Daging ayamnya banyak, koya dan jeruk nipisnya di sediakan sendiri. jadi bisa bebas sesuka hati nakarnya.Wajib dicoba yg satu ini.
5. SOTO AMBENGAN PAK SADI, jl. Pisang Kipas, dekat Jl Soekarno Hatta

C. RAWON

1. Rawon Setan Daerah Kawi. Tenang gak seserem namanya kok. Ini adanya malem doang, dan kadang buka kadang nggak, makanya dibilang Rawon Setan…
2. Rawon Tessy deket stasiun kota baru. Yang punya bekas karyawan Rawon Nguling, terus keluar, dibilang Rawon Tessy karena dia agak-agak mirip Tessy. Rasanya mirip kaya rawon nguling…
3. Rawon Nguling deket Alun-alun. Ini salah satu cabang dari Rawon Nguling yang legendaris di daerah Nguling, Probolinggo… Yang ini tidak boleh diabaikan. Jika Anda ke Malang belum makan nasi rawon rasanya belum beneran deh Anda ke Malang. Di tempat ini Anda akan disajikan super cepat banget. Cocok buat makan pagi. Disamping nasi rawon masih ada menu lainnya. Tempat terbaik bagi Anda dan Keluarga adalah di bagian belakang, lebih sejuk dan senyap serta lapang.
4. Rawon Brintik deket Shalahudin. Nggak ngerti kenapa dinamain Rawon Brintik, tapi rasanya boleh lah…
5. Rawon Bu Mul 1965 Kidul Pasar Besar Malang dan Raya Sulfat

D. PECEL

1. Pecel Kawi Jl Kawi. Ini salah satu pecel legendaris di Malang, rasanya yah lumayanlah…
2. Pecel Dr Pincuk Jl Dr Cipto. Pecel ini dijual di mobil dan adanya pagi doang, soal rasa yah lumayanlah…
3. Pecel Glintung, di bilangan Jl. S.Parman ; nasi pecel terenak di Malang minimal menurut saya walau masih ada yang lain seperti Mbok Jo, Pecel Kawi dan seterusnya. Pecel Glintung terletak di pinggir jalan tapi terletak agak turun dari badan jalan. Bumbu dan menu pendamping seperti sate komoh, telur asin dan perkedel jagungnya membuat Anda kian seru menikmatinya. Semoga Anda sependapat dengan saya setelah mencobanya.

E. AYAM GORENG

1. Ayam Goreng Tenes deket Stadion Gajayana. Ini dia ayang gorang kesukaan gw di Malang, sambelnya enak, tempe penyetnya juga lumayan, truz toge ikan asinnya juga manyuz…
2. Ayam Goreng Pemuda deket Stadion Gajayana. Lumayan terkenal. Soal rasa, yah lumayanlah…
3. Ayam Goreng Yogya deket Sukarno Hatta. Ini juga soal ayam goreng, bedanya yang ini ada kremesnya. Rasanya juga enak kok…
4. Ayam Goreng Pak Maning Jl Borobudur. Ini juga masih sekitar ayam gorang, rasanya lumayanlah
5. Ayam Goreng Bang Saleh, di bilangan Karangploso. Satu-satunya restoran yang menyajikan gratis nasi putih. Ayam Goreng dan Sambal Terong-nya enak banget. Karena lokasinya menuju Batu dari arah Karanglo ; mungkin sebaiknya Anda mampir untuk makan siang dulu di tempat ini ketimbang ketemu macet (jika Anda kurang beruntung) saat menuju Batu. Tempat yang menyenangkan.
6. Lalapan jalan Kalpataru, Suka ayam goreng+lalapan? Coba yang ada di jalan kalpataru. Rasa sambelnya yang bikin aku selalu kangen….terbayang2. Yang beli tiap hari rame banget. Banyak yang bermobil. Nggak percaya? coba aja. Nggak tanggung kalo ketagihan lho

F. CWIE MIE

1. H&T Cwiemie di Jl A Yani dan Jl Kawi. Penyajiannya untuk hot cwiemienya agak unik karena ‘mangkok’nya bisa dimakan dan rasanya juga enak…
2. Depot 51, buat saya pribadi ini cwie mie (mie pangsit) terenak di Malang biar pun masih ada Mie Gang Jangkrik, Hot Cwie Mie dan lain-lain. Depot ini kecil nyelempit di bilangan Jl. S. Parman dekat lampu merah dan rada suah carinya sebab tidak pasang papan nama. Memang karena tempat agak sempit membuat orang kudu giliran buat memperoleh meja. Oh ya mohon jangan datang pada hari Selasa, sebab mereka libur tidak buka.

G. RUJAK ULEG – RUJAK CINGUR

1. Rujak Siberut/Rupat tempatnya di Jln. Rupat ,
2. Rujak Amprong ,
3. Rujak Celaket

H. CHINESE FOOD

1. Gang Jangkrik jalan Letjen Sutoyo, depot itu kan udah kesohor … pasti gak sulit deh nemuin tempatnya .
2. Depot Ariska
3. DEPOT KATON

I. ANEKA SUP

1. SUP CEKER DINOYO
Dari namanya tempat makan ini terletak di Dinoyo. tepatnya dari arah jl Gajayan ada pertigaan bangjo belok kiri. kiri jalan kurang lebih 30 mtr dari Bangjo.
Buka sore sampai malam
Di Warung ini tersedia menu-menu lain yang tidak kalah maknyuzz. Kita bisa coba Sate Kambing, ceker atau ayam. ada juga menu-menu lain yang bervariasi. tempatnya sangat nyaman. Ada lesehannya juga. cocok buat makan bareng kawan-kawan.

J. ANEKA ES

1. Es Tawon : Es campur dengan gula asli yg menarik lebah2/tawon yg tidak diketahui asal muasalnya. Jadi kita minum es ditemani tawon2. Unik… di perempatan Kidul Dalem, Pasar Besar. di jalan Zainul Arifin? Letaknya ada di depan toko Saguanto. Toko Saguanto tuh yang jual perlengkapan militer dan Polisi. Cari aja, gampang kok menemukannya…..
2. Es Campur Rampal , Iki rek es campur langganan ket wayah sekolah mbiyen, warung pinggir rampal.
regone cuma 4000an (prasaan mbiyen cuma 3500). gorengan cuma 500an (*yen ra salah )suasana interior, ket mbiyen ampe saiki kok ra ganti blas yo?, seng penting maknyus..
3. Es KTT (Kacang Top ternate) Lokasi : Jalan Sutami barat jalan di ruko rukoan.. antara perempatan galunggung dengan perempatan ITN

4. Es Rumput laut UNIBRAW

K. IKAN BAKAR / GORENG

1. Warung bandeng bakar, Mungkin warung kayak gini masih jarang ada di Malang. Warung bandeng bakar, letaknya di samping POM bensin desa Beji (Batu). Rasanya jelas enak, ini terbukti dengan banyaknya kendaraan yang parkir di depan warung setiap kali aku lewat di situ. Sayang….aku gak suka bandeng…hik..hik…

L. SATE & TONGSENG

1.Sate kuda Lawang … adalah satu2nya tempat kuliner sate kuda yg paling enak di kota malang…. tempatnya juga asri didekat masjid pageran di ponegoro lawang……. pemiliknya adalah Habib zaid al kaff seorang islam yg tentunya smua masakannya dibuat dengan halalan toyiba……
2. Sate Kelinci batu
3. Sate & Gule kambing H.Paino – Bunul
4. Sate Blora – depan warung cak pi’i

5. Warung Sate Pak Salim Sumberpucung, Salam untuk warga sesama Sumberpucung. Aku mo kenalin warung sate kebanggaan Sumberpucung nih. Warung sate Pak Salim letaknya di depan pasar Sumberpucung. Untuk rasa dijamin bikin ketagihan. Coba deh, pasti “maknyus” …… huehehehe
6. Warung Sate Pak Sabar, letaknya deket bunderan Jl Bandung. Ini salah satu sate paling terkenal di Malang. Coba aja pasti ketagihan…

M. MASAKAN OLAHAN DAGING

1. Steak Amsterdam Deket Ijen. Agak mahal sih, tapi rasanya lumayan enak lah…
2. Malibu di Jl Kawi. Menu andalannya steak, harganya lumayan mahal, tapi tenaaang, rasanya enak kok…

N. WARUNG-DEPOT-RESTAURAN-RUMAH MAKAN

1. Depot Ariska Belakang Makobu. Harganya gak terlalu mahal, porsinya wah jumbo banget, nggak abis deh kalo dimakan sendirian. Rasanya juga manyuz…
2. Depot Ikana Jl Galunggung, menunya kaya di Ariska tapi dengan porsi yang lebih sedikit dibanding Ariska… RM Mesir Batu. Makanannya agak-agak arab, martabaknya lumayan enak. Buat yang doyan kambing, katanya gulai dan nasi saminnya lumayan enak.
3. Warung Bu Haji AREMA Menu Jawa istilah AREMA, perempatan Kidul Dalem, pernah masuk wisata kuliner nya Pak Bondan Winarno….banyak yg beri rating 10/10 dari tabloid2 kuliner
4. Tugu Restoran, Hotel Tugu Malang ; restoran yang ini memang kelas satu. Cocok buat makan pagi, siang atau malam. Menunya bervariasi dari Indonesia sampai Eropa. Anda bisa menikmati koleksi benda-benda kuno. Tempat yang patut Anda coba. Menu favorit saya disini Nasi dan Soto Kaki Kambing. Oh ya, Ice Lemon Tea-nya perfect !
5. Toko Oen Restoran, restoran yang terletak dekat Alun-Alun Kota Malang ini didirikan tahun 1930. Dekor dan perangkat yang ditampilkan masih identik seperti saat itu. Masakan pilihan saya : Bistik Lidah Sapi dan Kopi Tubruk. Oh ya tempat terbaik adalah dari pintu utama Anda berjalan ke arah kanan, pilihlah meja dekat jendela. Anda akan merasakan semilir sejuk angin Malang. Momen terbaik buat saya adalah untuk makan siang dan menghabiskan waktu, dijamin kagak bakalan pramusaji akan bertanya-tanya mau pesan apa lagi ; sebab maklum restoran ini kerap dipergunakan sebagai titik temu para wisman yang berkunjung ke Malang. Jadi banyak wisman yang bisa duduk berjam-jam, termasuk saya pribadi. Karena Toko Buku Gramedia bersisian dengan restoran ini, Anda bisa beli buku di Gramedia dan membacanya disini ditemani Kopi Tubruk Anda ; sambil menunggu Isteri dan Anak-anak Anda berbelanja di pertokoan seputaran Alun-Alun.
6.Warung Bu Gito. Pingin masakan Jawa super lengkap dan enak? Coba yang ada di daerah Sukarno Hatta. Tepatnya ada di sebuah ruko sebelah selatan Dealer Honda. Ada tulisannya besar kok “Warung Bu Gito”. Pilihan banyak dan rasa mantapsssss. Harga juga nggak mahal
7. Rumah Makan Kali Urang, Bagi yang pingin menikmati makanan khas Jawa Timur dengan rasa yang benar-benar khas, coba di sini….Rumah Makan Kali Urang Jl Kali Urang. Yang dijual disini makanan jawa timur, soal rasa berani dibandingkan….rasa khas pedesaan banget…

O. MAKANAN LAIN-LAIN

1. Nasi Buk Kota Malang, Lokasinya ada di jalan Trunojoyo Stasiun K.A. Malang. Coba nasi buk Bik Matirah, Ini nasi buk khas Madura paling enak di Malang. Memang tempatnya kecil dan harus desak-desakan tapi semua itu jadi sirna ketika kita menikmati kelezatannya. Jangan sungkan jika Anda tidak bisa bahasa Jawa Malangan ; tetap saja bicara bahasa Indonesia ; Anda pasti akan dilayani dengan baik. Cocok banget buat Anda makan pagi bersama Keluarga. Udah terkenal banget nih warung. Banyak para pejabat yang sudah merasakan. Maknyus pokoknya…..

Iklan